Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

11 Tips Sepeda Saat Puasa Agar Tidak Mudah Lelah

Seorang pengguna sepeda saat puasa memang menjadi tantangan tersendiri bagi pemula karena pasti akan berpikir melelahkan dan dehidrasi. Menggunakan sepeda saat puasa ketika ke kantor akan terasa melelahkan bukan lagi menyenangkan, padahal seharusnya sama saja. Anda bisa menggunakan sepeda saat puasa dengan baik tanpa dehidrasi dan tentunya akan menyenangkan juga.

Salah satu alternatif untuk ke kantor adalah jam 5 pagi. Anggap anda selepas sahur langsung persiapan berangkat kerja untuk hindari cuaca yang panas dan di jam 5 pagi udara masih dingin. Sehingga tidak menyebabkan kelelahan tentunya.

Ketika anda berangkat pagi jam 5. Anda akan bisa leluasa mengatur waktu sampai ke tempat kantor, jika dirasa lelah sebaiknya istirahat. Agar tidak terlalu memaksa tubuh untuk melakukan pekerjaan yang berat. Menggunakan sepeda saat puasa akan mengakibatkan lama sampai karena banyak istirahat. Karena itu dianjurkan untuk mengatur waktu sebaik mungkin.

11 Cara Menggunakan Sepeda Saat Puasa Yang Menyenangkan

sepeda saat puasa

1. Gowes Dengan Santai

Ketika puasa anda harus bisa menghindari main sepeda dengan kebut. Hal ini akan menyebabkan kelelahan dan cepat haus yang berakibat merusak puasa. Oleh karena itu gowes santai adalah salah satu tips. Jika ada tanjakan anda bisa berjalan kaki agar tidak berat untuk gowes sepeda.

2. Perpanjang Waktu Perjalanan

Di saat anda menggunakan sepeda saat puasa. Anda harus bisa mengatur waktu, jika ke kantor hanya membutuhkan waktu 1 jam. Anda harus estimasi dengan memperpanjang waktunya yaitu 1 jam 30 menit. Dengan tujuan ini anda tidak terburu-buru dan santai dalam bersepeda.

3. Perhatikan Jarak

Ketika bersepeda anda harus analisa jarak tempuh yang harus anda lalui. Apakah perjalanan banyak menanjak, terlalu jauh. Jika menggunakan sepeda saat puasa hindari perjalanan menanjak yang akan menguras tenaga dan disarankan dibawah 20Km dalam perjalanan. Mungkin jika anda bermain sepeda di saat menunggu adzan magrib tidak masalah untuk melakukan perjalanan ini.

4. Hindari Jalanan Macet

Jalan macet oleh kendaraan akan membuat anda prustasi karena sampai ke tempat tujuan semakin lama. Hal ini akan membuat anda marah dan tentunya akan mengurangi pahala anda ketika berpuasa.

5. Hindari Jam Macet

Ketika menggunakan sepeda saat puasa. Anda harus bisa menghindari jalanan macet seperti jam pulang kerja maupun sekola. Hal ini bertujuan anda tidak terjebak macet.

6. Ambil Jalur Yang Dingin

Ambil perjalanan anda yang banyak pepohonan di pinggir jalan. Hal ini membuat anda fressh untuk gowes sepeda di bulan puasa ini. Jika anda menggunakan sepeda di tempat panas dan gersang akan membuat cepat dehidrasi.

7. Gowes Bersama Teman

Perjalanan akan merasa seru bila bersama teman anda. Anda akan merasa tidak terasa telah menggunakan sepeda dalam jarak tempuh yang cukup jauh. Sehingga lelah badan tidak terasa dan tentunya membuat hal ini menyenangkan.

8. Ambil Waktu Yang Cocok

Anda harus bisa melihat cuaca ketika menggunakan sepeda saat puasa. Jika dirasa siang hari mendung anda bisa menggunakan sepeda saat itu. Akan tetapi bila panas di usahakan jangan menggunakan sepeda. Untuk waktu yang cocok kami rekomendasikan pada sore hari menjelang buka puasa maupun subuh.

9. Perhatikan Kondisi Sepeda

Saat bersepeda harap di cek sepeda anda. Di takutkan ban kempes atau rantai mengalami masalah sehingga sepeda tidak bisa digunakan. Jika hal ini terjadi anda harus mendorong sepeda hingga ke rumah.

10. Banyak Bersabar

Ketika bersepeda mungkin ada pengguna sepeda lainnya yang menyalip anda. Jangan nafsu untuk membalas mereka, biarkan mereka dengan kecepatannya. Anda tetap melakukan gowes santai jangan tergoda untuk membalapnya.

11. Sadar Atas Stamina

Stamina setiap orang berbeda. Jangan terlalu memaksakan menggunakan sepeda untuk melakukan jarak tempuh yang jauh. Jangan juga mengadu perjalanan di tanajakan yang membuat stamina terkuras habis

Itulah 11 tips bersepeda di bulan suci ini ramadhan. Semoga anda para gowes tetap semangat untuk olahraga sepeda. Saat ini kami juga melakukan gowes dengan santai sehingga tidak mudah lelah. Kami harap anda terus bersemangat meski di bulan puasa ini. Pastinya olahraga dibulan puasa pun akan menjadi badan terbiasa dan tetap bugar.

sumber : Kompas

Tinggalkan komentar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.