Jakarta Bebas Macet, Jika Anda Menggunakan Sepeda

Jika anda tinggal di jawa barat tepatnya di kota terpadat yaitu jakarta. Ya Jakarta bebas macet dimulai dari diri anda sendiri yaitu dengan cara mengendarai sepeda untuk perjalanan ke kantor maupun reffresing.

kenapa sepeda bisa menyebabkan Jakarta bebas macet?? Sebenarnya adalah sederhana karena ketika menggunakan sepeda di jalan terdekat anda tidak perlu membawa mobil dan motor yang mampu membuat sesak nafas dan jalanan akan terasa plong.

Ketika zaman Pak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY ), Ketika masih menjabat, meminta kepada seluruh bupati dan wali kota membuat jalur alternatif khusus sepeda untuk transportasi pekerja. Selain kota akan bebas polusi, anda juga mendapatkan kebugaran tubuh dan ekonomi jauh lebih baik.

Jakarta Bebas Macet

Sepeda adalah salah satu transportasi cukup tua. Anda mungkin sudha mengenai sepeda sejak kecil untuk mengendarainya. Dahulu sepeda adalah salah satu transportasi terbaik karena baik pelajaran maupun pekerja menggunakan sepeda sebagai transportasi.

Di mall dan tempat bioskop dulu juga ada parkiran khusus sepeda, karena mungkin dahulu sepeda adalah salah satu transportasi yang sering dipakai dan mungkin saat ini sudah tidak ada tempat khusus sepeda khusus karena kebanyakan menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Awaln sepeda muncul di Jakarta dahulu namanya adalah Batavia di tahun 1890. Di masa itu sepeda merek Rover dengan harga 500 gulden menjadi suatu kebanggaan bagi yang memiliki sepeda itu. Pegadang asal belanda bernama Gruyter adalah salah satunya yang menjual sepeda. Dahulu tokonya berada di Gambir, dekat dengan monas.

Jika saja jakarta saat ini banyak masyarakat indonesia menggunakan sepeda untuk perjalanan ke kantor mungkin polusi akan berkurang drastis. Tidak sampai disitu jakarta bebas macet  juga akan berkurang secara drastis karena menggunakan sepeda dan transportasi umum yang ada.

Solusi saat ini yaitu penerapan 3 in 1. ERP ( Electonic Road Pricing ) hingga kebijakan menggunakan plat ganjil-genap yang dinilai belum mampu untuk mengatasi masalah kemacetan tersebut.

Fauzi Bowo di saat menjabat sebagai gubernur, sangat tanggap merespond permintaan presiden SBY sangat baik. Dia menyatakan jika pengguna sepeda mencapai satu juta jiwa maka akan dibuka jalan khusus untuk sepeda. Di masa lalu, Belanda sudah lebih dulu membuka jalan khusus sepeda.

Menurut Kenneth Cooper, seorang pencetus olahraga aerobik berkata sepeda itu sangat menyehatkan, Menurut definisi yang populer oleh Cooper aerobik salah satu aktifitas fisik yang dapat memacu jantung dan peredaran darah salah satu olahraga yaitu dengan bersepeda.

Menurut Prof dr Dede Kusmana, seorang ahli jantung dari RS Jantung Harapan Kita, jika menggunakan sepeda setiap hari dengan rutin akan membuat jasmani menjadi bugar. Tak sampai Kolestrol jahat, darah yang jelek dan yang menyebabkan penyakit jantung akan menurun dan hebatnya lagi kadar lemak baik akan terus meningkat.

Di masa Kolonial, Jika anda naik sepeda di malam hari wajib menggunakan lentera. Bersepeda tidak menggunakan lampu di malam hari akan terkena tilang. Dendanya cukup tinggi yaitu lima gulden saat itu, sangat cukup untuk makan selama sebulan kala itu dan disaat itu tidak ada namanya jalan damai kepada polisi.

Kami harap anda adalah pencinta gowes yang tiap hari rutin, karena dengan menggunakan sepeda anda salah satu dari sekian banyak orang yang mengurangi polusi udara. Kesehatan anda pun dapat anda rasakan bila tiap hari anda olahraga menggunakan sepeda tentunya.

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.