Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Cara Merawat Sepeda Gunung Yang Wajib Anda Ketahui

Keberihan sebagian dari iman. Begitu pepatah islam mengatakan, memang benar ketika bersih salah satu kebahagiaan yang tidak terhingga. Selain terbebas dari suatu penyakit dan tentu terbebas dari kotoran yang ada. Tim gowesgo membuat sebuah artikel yang membahas tentang Cara Merawat Sepeda Gunung yang baik dan benar dalam membersihkannya.

Kebersihan sepeda juga sangat penting karena kita di anggap orang yang menyukai kebersihan di dalam masyarakat. Bukan hanya disitu anda yang menggunakan sepeda bersih akan merasakan kenyamanan yang tiada tara.

Selain membersihkan sepeda. Anda juga harus bisa memperbaiki sepeda gunung dengan cara yang benar mulai dari rantai yang sudah aus. Gir yang sudah tumpul. Bahkan sekrup yang kendor. Kebersihan dan kenyamanan harus anda dapatkan untuk menikmati bersepeda anda. Maka dari itu anda harus mengetahui cara merawat sepeda gunung agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan dan memberikan rada nyaman dan kepercayaan dalam diri.

Cara Merawat Sepeda Gunung, Perlukah ??

Sepeda gunung harus selalu anda rawat. Sisi mencuci sepeda dan memperbaiki sepedanya agar terhindar dari hal-hal yang tidak di inginkan.

Ketika anda berjalan ke sebuah pegunungan menggunakan sepeda jika mengalami rem blong maka kejadian fatal pasti akan menimpa anda. Maka dari itu memperbaiki sepeda setiap sebulan atau dua bulan sekali adalah kewajiban anda sama seperti sepeda motor.

Menjaga kebersihan membuat sepeda gunung menjadi bagus seperti barunya. Hal ini membuat pesona elegant anda terlihat oleh masyarakat sekitar dan anda akan di cap sebagai orang yang menyukai kebersihan jika dilihat dari sepedanya yang selalu bersih.

Jika anda sudah mahir mempersihkan dan merawat sepeda gunung sudah dipastikan untuk mengerjakannya begitu mudah dan terbilang cepat hanya dalam waktu 30 menit anda sudah bisa memperbaiki sepeda. Sangat cepat bukan?

9 Cara Merawat Sepeda Gunung MTB Dasar Yang Harus Anda Ketahui

1. Cuci sepeda gunung

Setelah Anda selesai bersepeda, Anda harus langsung mencuci sepeda Anda. Lepaskan semua aksesoris sepeda yang ada di sepeda seperti spidometer, bel sepeda, dan lain-lain sebelum dicuci. Jika Anda juga menggunakan v brakes maka lepaslah terlebih dahulu kabel penghubungnya dengan cara menekan kedua sisi calipersnya.

2. Bersihkan rantai

Membersihkan rantai sangat sederhana dan mudah yaitu gunakan kain atau lap basah yang sudah diberi sabun lalu putarkan pedan dengan kain/lap dan tempelkan ke rantai sampai kotoran di rantai rontok.

3. Bersihkan bagian bawah dan belakang frame

Membersihkan kedua bagian tersebut sangat sederhana yaotu dengan menggunakan air sabun dan kain/lap untuk membersihkan bagian bawah dan belakang frame. Lap secara merata ke seluruh bagian frame dan juga stang depan. Jangan lupa untuk membersihkan bagian penarik rem serta bagian kabel pemindah gigi sepeda gunung.

4. Bersihkan pedal, gir, bagian penggerak sepeda lainnya

Gunakan sikat dan air sabun untuk membersihkan pedal, gir, dan bagian penggerak sepeda lainnya. Lalu sikat juga bagian yang tersembunyi hingga merata sampai kotoran dan olinya hilang dan rontok.

5. Bersihkan roda sepeda

Gunakan kain/lap dan air sabun untuk membersihkan bagian roda deepan dan belakang. Bersihkan dengan teliti terutama pada bagian jari-jari dan cakram roda sepeda. Jika ada bagian yang susah dibersihkan maka Anda bisa menggunakan cairan khusus.

6. Cek / kontrol sistem pengereman pada sepeda

Rem adalah salah satu bagian sepeda yang sangat penting, jika rem tidak berfungsi dengan baik maka bisa membahayakan penggunanya. Mengecek rem sepeda sangat sederhana. Cek rem dengan teliti, jika sudah aus atau tidak bisa mengerem dengan baik maka segera cepat ganti kapas remnya. Jangan lupa juga untuk mengecek setelan kabel dan minyak remnya.

7. Beri minyak pelumas

Jangan gunakan oli bekas karena tidak bagus untuk rantai dan bagian sepeda yang lain. sebaiknya gunakan minyak pelumas khusus atau minyak pelumas yang biasa dipakai untuk motor.

8. Kontrol tekanan ban sepeda

Sebelum anda gunakan sepeda. Sebaiknya anda mengecek dahulu tekanan ban sepeda anda. Jika ban sepeda anda rendah akan berdampak buruk bila terkena benda tajam karena akan menyebabkan bocor. Oleh sebab itu isi angin sesuai standar ban anda. Sepeda juga akan terasa lebih berat digunakan bila mana tekanan udara pada ban kurang.

9. Semir ban sepeda

Ban terlihat mengkilap adalah idaman para goweskers ketika menggunakannya untuk aktifitas dalam kota maupun berangkat kerja. Oleh sebab itu jika ban merasa kurang mengkilap semir menggunakan semir ban sepeda motor akan membuat ban sepeda menjadi seperti baru.

9 Tips cara merawat sepeda gunung jika di lihat memang sangatlah mudah anda pelajari. Ketika anda menyukai sepeda untuk berkendara anda diwajibakan mengetahui hal-hal dasar tentang sepeda. Hal ini berguna ketika ada masalah di kemudian hari anda sudah mengetahui cara merawat sepeda gunung dan bisa memperbaikinya sendiri.

Dalam tips yang kami sampaikan adalah hal-hal dasar jadi sangat mudah anda pelajari. Jika anda merasa repot dan tidak memiliki waktu untuk memperbaikinya. Anda bisa ke bengkel sepeda khusus untuk mendapatkan perawatan sepeda terbaik dengan teknisi ahli tentunya meski anda harus mengeluarkan biaya untuk memperbaiki.

 

Pencarian Terbaru:

Tags:

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.