12 Tempat Bersepeda Yang Mengasyikan Di Jabodetabek

Berlibur tidak harus membuang uang saja, kamu juga bisa dapat melakukannya dengan hal lain. salah satunya adalah dengan bersepeda. Selain menyenangkan berlibur dengan bersepeda juga dapat menyehatkan tubuh kita. Bersepeda dahulu hanya dianggap untuk olahraga saja, tapi kini kita juga bisa menjadikan bersepeda menjadi bagian dari pariwisata. Cara berlibur ini dengan membawa sepeda kamu dan keluarga ke beberapa tempat bersepeda yang mengasyikan salah satunya di Jakarta, di Jakarta ada juga lho tempat yang cocok untuk bersepeda. Diantaranya:

Inilah tempat-tempat bersepeda paling asyik

12 Tempat Bersepeda Yang Mengasyikan Di Jabodetabek

1. Bundaran HI (Hotel Indonesia)

Kawasan ini kerap dijadikan tempat bagi warga Jakarta serta daerah di Indonesia untuk meluangkan waktunya dengan bersepeda, kawasan ini selalu dipakai disaat hari libur. Maklum saja, sejak dibelakukannya 1 hari tanpa kendaraan atau biasa kita sebut car free day. Otomatis masyarakat Indonesia tidak ingin membuang waktunya untuk bersepeda. Selain di hari Minggu, Jum`at malam hingga malam Minggu pun kerap dijadikan ajang wisata bersepeda.

2. Ecopark, Ancol

Di tempat ini, pengunjung juga dapat membawa sepeda sendiri atau menyewanya di Ecopark. Halte depeda di Pantai Karnaval adalah salah satu tempat yang menyediakan sepeda. Untuk hari libur atau Weekend, maka jangan berniat menyewa setelah pukul 08.00 WIB, sebab 700 sepeda habis disewa.

Bagi mereka yang punya banyak uang dan ingin mencoba sepeda kualitas baik, dapat menyewa sepeda di area Ecopark. Selain dapat menyewa sepeda, penyewa sepeda di Ecopark, Ancol juga memberikan layanan tempat penyimpanan barang dan kamar mandi untuk membilas badan setelah berolahraga sepeda. Bagi kamu yang menyukai track panjang dapat mencoba jalur sepeda di area Taman Impian Jaya Ancol. Rutenya dapat dimulai dari Pantai Karnaval menuju Dermaga Marina dengan jarak mencapai 9,8 kilometer.

3. Kota Tua (KoTu)

Selain dapat mengenal Heritage Indonesia khususnya Jakarta secara aslinya, destinasi ini kerap dijadikan tempat untuk bersepeda dapat sekaligus menghabiskan waktu luang. terlebih lagi, Menteri Pariwisata, Arief Yahya telah memberikan fasilitas WIFI gratis yang tanpa batanya.

4. Jalur Pipa Gas (JPG)

Ingin besepeda di jalur menantang kamu dapat juga mencoba jalur offroad yang terkenal, antara lain: Jalur Pipa Gas (JPG) yang berada dibelakang Kepolisian Sektor Serpong, Tanggerang Selatan, Banten. Jalur sepeda sepanjang 6,5 Km tersebut selalu ramai dikunjungi dari berbagai kalangan. Sebenarnya track sepeda dsini membutuhkan keahlian yang mumpuni dalam bersepeda, jalur yang dilalui hampir 70% berupa jalan setapak dan naik turun. Meski demikian, bagi sebagian pesepeda yang masih relatif baru dapat melewati jalur wisata Jalur Pipa Gas (JPG).

Sedikit saran, bagi kamu pesepeda yang belum mahir belum dapat bersepeda ke JPG jangan memaksakan diri masuk ke jalur maut mirip Roller Coaster, karena dapat berakibat fatal.

5. Universitas Indonesia (UI) Depok

Kawasan Universitas Indonesia (UI) Depok memang cocok untuk bersepeda, karena kawasan ini cukup luas. Selain itu kawasan tersebut terkenal dengan kesejukannya. Di UI Depok dapat bersepeda santai mengelilingi kawasan UI dengan menjelajahi Fakultas demi Fakultas dengan suasana pepohonan yang rindang. Jika kurang menantang kamu juga dapat melakukan offroad di kawasan hutan UI.

6. Banjir Kanal Timur (BKT)

Secara umum jalur Banjir Kanal Timur (BKT) ini terbagi menjadi 2 (Dua) jalur yaitu jalur pertama yang terletak persis disebelah Jl. Kolonel Sugionao, Jl. Jendral RS Soekanto, Pondok Kopi dan jalur yang kedua  letaknya di seberang jalur pertama (terpisah oleh kali BKT) yang sering dipakai orang-orang untuk bersepeda dan olahraga adalah jalur pertama. Dan untuk tracknya sendiri dibatasi oleh Movable Concrete Barrier (MBC), sehingga tidak mudah ditembus oleh kendaraan bermotor.

7. Monumen Nasional (MONAS)

Tentunya, banyak sekali yang dapat kamu lakukan di Tugu Monas. Selain untuk berpiknik, berswafoto, bermain layang-layang dan masuk ke dalam Tugu Monas. bersepeda sambil menikmati keramaian kota Jakarta, juga dapat kamu lakukan. Kamu dapat bersepeda dengan tenang dan nyaman tanpa terganggu dengan kendaraan lainnya.

8. Taman Marga Satwa (Kebun binatang)/Ragunan

Bersepeda sambil di temani dengan beraneka ragam Flora dan Fauna di Taman Marga Satwa Ragunan ini pun tidak membosankan. Di Taman Marga Satwa Ragunan ini juga disediakan penyewaan sepeda mulai dari Rp. 15.000 sampai dengan Rp. 20.000,- perjam. Jika sudah lelah berkeliling, kamu juga dapat berhenti sejenak sambil menikmati atraksi hewan yang ada di sana, seperti atraksi gajah atau memberi makan harimau. Jika sudah puas mengendarai sepeda di lahan seluas 147 Hektar ini, kamu juga dapat menunggangi kuda, unta atau gajah dengan bersekitaran harga Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 7.500,-.

9. Taman Mini Indonesia Indah

Tempat bersepeda ini pun cocok untuk bersepeda santai bersama keluarga atau kawan-kawan remaja disediakan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Untuk sepeda terdapat beragam macam sepeda disini. Contohnya ada sepeda tandem, sepeda biasa, sepeda kereta untuk 2 (Dua) orang penumpang dan ada juga sepeda untuk 4 (Empat) orang penumpang.

Bersepeda di Monas memang paling pas. Selain biaya parkirnya murah kamu juga tidak dipungut biaya (Kecuali jika kamu ingin masuk ke dalam Tugu Monasnya), terdapat juga jasa penyewaan sepeda dengan harga yang cukup ramah dikantong yakni hanya berkisar Rp. 20.000,- perjam. Agar lebih hemat, kamu juga dapat membawa sepeda sendiri.

10. Track Cihuni

Tempat bersepeda selanjutnya yaitu track Cihuni sebelumnya ada 3 (Tiga) track bersepeda yaitu, Hill Park 1, 2 dan 3. Saat ini hanya tinggal dua yang masih dapat kamu nikmati yaitu Hill Park 1 dan 3, Hill Park 2 hampir seluruhnya sudah digusur oleh pesatnya pembangunan perumahan. Dari dua track yang tersisa mungkin hanya Hill Park 1 yang masih dinikmati.

Di track tempat bersepeda sepanjang kurang lebih 4 kilometer ini, para bikers dapat menempati tanjakan dan turunan yang saling menyambung tanpa ada jalur landai. Juga ada jalur Roller Coaster yang meskipun tidak setinggi di Jalur Pipa Gas (JPG) tapi cukup menguji adrenalin terutama untuk newbie. Track di Cihuni Hill Park 1 telah dimodifikasi dan dikembangkan sehingga lebih menantang.

Untuk sarana tempat makan dan minum tersedia juga beberapa warung ditempat masuk dan keluar track dengan menu khas lokal nasi uduk, teh jahe hangat dan tidak ketinggalan juga menu sop iga. fasilitas parkir sepeda juga luas.

11. Gelora Bung Karno (GBK)

Pusat olahraga Gelora Bung Karno (GBK) di Senayan memang tidak pernah sepi, apalagi jika di hari Minggu. Setiap hari minggu pagi area GBK ini selalu dipadati oleh para pengunjung untuk berolahraga, seperti lari pagi atau bersepeda. Kamu juga dapat bersepeda keliling kompleks GBK yang luasnya sekitar 67 Hektar. Setelah berolahraga, kamu juga dapat berefreshing di Mall dekat GBK.

12. Jalur Pinggir Tol (JPT)

Track ini melewati Cimanggis dan memasuki Cikeas, kamu akan menemukan sebuah situ atau danau yang cukup luas yang indah.

Selanjutnya, perjalanan single track akan dihadang turunan curam berupa undakan-undakan tanah yang berakhir dengan jembatan bambu kecil yang reot. Di sini, gairah untuk menikmati turunan harus diimbangi sikap hati-hati sekaligus keseimbangan tubuh. Bukan apa-apa, jembatan tersebut memiliki kemiringan yang tidak rata dan beberapa bambu di bawahnya sudah hilang karena rapuh.

Selepas jembatan tersebut, maka kamu akan disuguhi pemandangan sebuah bukit langsung menghadang. Di bukit ini, banyak penduduk yang menanam tumbuhan sereh dan ada juga ladang padi gogorancah. Memasuki pedalaman Gunung Putri, kamu harus melewati single track bukit tanah yang unik.

Di sisi kanan, ada tebing tanah setinggi enam hingga 10 meter, dengan derajat kemiringan 90 derajat. Sedangkan di sisi kiri ada jurang sedalam 15 meter dengan tingkat kecuraman 90 derajat. Di sini nyali adalah segalanya, mengingat single track tersebut menurun dengan tingkat kemiringan 20 derajat. Selanjutnya, kamu akan keluar lagi menuju pinggir tol dan melewati kolong tol menuju Cibinong. Meski track ini panjangnya kurang dari 35km pergi-pulang, namun cukup menguras tenaga dan menawarkan pemandangan khas masyarakat pinggiran Jakarta. Sebuah rute yang pantas untuk dicoba!

Itulah 12 tempat bersepeda paling asyik di jabodetabek, semoga bermanfaat untuk kalian. Selamat mencoba

Pencarian Terbaru: