6 Cara Merawat Sepeda Listrik Agar Tidak Cepat Rusak

Sepeda adalah salah satu alat transportasi satu satunya di zaman dahulu. Saat ini sepeda makin banyak varian terbarunya dan karena kecanggihan teknologi mampu membuat sepeda listrik. Sepeda listrik saat ini menjadi populer karena bisa menggunakan kedua fasilitas mau menggunakan mesin ataupun manual gowes. Untuk dalam desain sepeda listrik tidak berbeda seperti sepeda umumnya, akan tetapi cara merawat sepeda listrik membutuhkan ketelitian khusus.

Mengapa Harus Merawat Sepeda Listrik ??

Sepeda listrik memiliki banyak kelebihan dan juga kekurangan yang dimana perawatannya berbeda dari sepeda biasanya. Ketika anda membeli sepeda listrik anda harus paham untuk cara segi merawatnya karena bisa jadi akan cepat rusak bila tidak detail dalam melakukan perawatan. Sebagus appaun sepeda listrik yang dibeli, ketika anda tidak bisa merawatnya akan cepat rusak.

Sepeda listrik berbeda dengan sepeda motor pada umumnya karena berbeda teknologi dan bahan yang digunakan. Anda harus memperhatikan seperti aki sepeda, jarak tempuh dan lainnya. Lalu apa saja yang harus anda perhatikan untuk merawat sepeda listrik ? Mari simak penjelasan dari gowesgo.com

cara merawat sepeda listrik

Jenis Baterai Sepeda Listrik

Beberapa merk sepeda listrik memiliki jenis baterai yang berbeda, ini sangat penting untuk merawat sepeda listrik anda. Anda harus mengetahui baterai apa yang digunakan.

Lead Acid Batteries

Harga batterai ini relatif lebih murah dan sering digunakan di komputer. Biasa juga digunakan untuk keperluan starter mobil, akan tetapi usianya tergolong pendek dan daya yang disimpan sedikit.

Ni Cad

Salah satu batterai buatan Japan di zaman dulu. Materialnya cukup berbahaya, oleh karena itu sepeda listrik anda jika menggunakan ini diusahakan diganti.

Nickel Metal Hydride Atau NiMh

Dalam Segi Kapasitas NiMh lebih besar dari pada Lead Acid Batteries yang juga bisa di isi hingga 500 kali. Akan tetapi bila anda melakukan kesalahan mengisian dapat merusak daya isi hingga 30%

Lithium

Jenis batterai paling banyak yang digunakan oleh sepeda listrik. Baterai ini juga sering digunakan oleh tablet, mp3 maupun smartphone. Harga yang relatif murah dengan kualitas yang cukup bagus selama isi ulang dayanya tepat.

Perhatikan Kapasitas Baterai Sepeda Listrik

Ketika anda melakukan isi ulang sepeda listrik. Anda harus membaca buku manual untuk mengetahui kapasitas baterai. Cara merawat sepeda listrik membutuhkan pengetahuan dasar sehingga dapat membuat baterai sepeda anda bertahan lama. Karena setiap baterai memiliki cycle life yang beda, sehingga jangan sampai anda charger sepeda secara berlebihan.

Salah satu contoh yang harus anda perhatikan adalah seperti seberapa cepat pengisian batterai. Dan berapa voltase yang di perlukan ketika pengisian baterai tersebut.

6 Cara Merawat Sepeda Listrik Standar

Ketika anda memiliki sepeda listrik, anda harus mengerti bagaimana cara merawat sepeda listrik. Kebetulan rata-rata di indonesia sendiri masih menggunakan standar sepeda listrik seperti merk betrik, nexus, sunrace, wimcycle dan lainnya. Apa saja tips yang harus anda perhatikan??

1. Merawat Sepeda Listrik pada bagian Rem

Ketika sistem rem bermasalah, ini akan memboroskan listrik dan tidak efisien. Jadi ketika anda memiliki sepeda listrik dalam jangka 2bulan belum di service, anda bisa mengecek pada bagian rem apakah sudah loss atau ada hambatan lain.

2. Jangan Biarkan Batterai Habis Dalam Waktu Yang Lama

Masalah sepeda dalam merawat sepeda listrik, terkadang kita lupa untuk melakukan charger ketika sudah habis. Ketika baterai kosong dan tidak di isi, ini akan memperpendek usia baterai tersebut sehingga anda harus mengeluarkan biaya extra untuk membeli baterai. Jika tidak ingin hal seperti ini ada baiknya anda selalu mengecek setiap hari.

3. Perhatikan Durasi Untuk Pengisian Batterai

Charger batterai terlalu lama itu tidak baik. Ketika anda mampu merawat sepeda listrik, anda harus mengetahui betul jangka berapa lama baterai yang di charger. Jangan terlalu percaya dengan system otomatis pada charger, karena itu masih kurang efektif dan akan melembung untuk baterai jika dibiarkan. Jadi berapa idealnya untuk charger ?? kami bantu asumsikan jika standar nya adalah 2 – 2,5A

  • Batterai 36V 12Ah = Maksimal 5 Jam
  • Batterai 48V 12Ah = Maksimal 6 Jam
  • Batterai 48V 20Ah = Maksimal 8 Jam
  • Batterai 48V 7Ah = Maksimal 3 Jam

4. Hindari Tanjakan Yang Terlalu Extrem

Kelemahan sepeda listrik berada di tanjakan. Untuk merawat sepeda listrik anda harus bisa menghindari sebisa mungkin masalah tanjakan. Karena pada dasarnya sepeda listrik di khususkan untuk jalan datar dan daerah perkotaan, tapi bukan tidak mungkin akan menghindari tanjakan. Oleh karena itu jika terpaksa lewat bisa menggunakan gowes manual atau jangan terlalu sering.

5. Jangan Terlalu Gas Full Secara Langsung

Ketika anda menggunakan sepeda listrik, alangkah baiknya gas sepeda listrik dengan berurutan dalam segi kecepatan. Ketika gas secara langsung akan berdampak pada energi listrik yang langsung maksimum. Apa bila anda terlalu sering gas full di waktu start, hal ini akan memperburuk kontroller karena akan cepat panas. Ketika hal ini sudah terjadi batterai akan selalu mengeluarkan crackingnya.

Ketika anda melakukan terlalu sering, umur dari kontroller dan batterai tidak akan betahan lama. Jadi usahakan untuk start awal untuk gas secara berurutan dan ketika berhenti juga mengendurkan gas secara berurutan.

6. Ketika Ada Kerusakan, Jangan Biarkan Berlarut-larut

Ketika anda merasa cara merawat sepeda listrik sudah benar. Tapi ternyata baterai cepat habis, tenaga yang kurang kuat, ergonomi kurang nyaman dll. Di usahakan untuk segera ke tempat service untuk melakukan diagnosa lebih jauh sehingga kerusakan tidak terlanjur parah.

Merawat Sepeda Listrik jika kita perhatikan yang sering terjadi di bagian batterainya. Oleh karena itu anda harus bisa meminimalisir kesalahan pengguna agar batterai tidak cepat rusak. Ketika anda sudah mampu untuk merawat sepeda listrik dengan benar, anda akan mampu membuat komponen sepeda listrik menjadi lebih awet hingga 2 tahun. Sehingga anda akan mendapatkan keuntungan dalam segi keuangan agar tidak terlalu boros untuk membeli komponen baru.

Pencarian Terbaru: