11 Kesalahan Sepeda Pemula Yang Sepele Tapi Fatal Akibatnya

Bersepeda memang seru, akan tetapi bila baru menggunakan sepeda hal ini akan menjadi sulit. Tidak jarang kesalahan sepeda pemula menjadi dalang dibalik resiko sepeda itu sendiri. Tidak nyaman dalam menggunakan sepeda juga masih sering terjadi ketika beberapa masalah sepele tidak di indahkan.

Jangan sampai masalah pada ketidaknyamanan anda, membuat anda tidak ingin menggunakan sepeda kembali. Karena biasanya kesalahan sepeda pemula akan mendapatkan reaksi membosankan karena tidak nyaman dalam posisi gowes maupun duduknya.

Oleh karena itu kami memiliki tips khusus anda untuk yang ingin menggunakan sepeda secara baik dan benar.

Kesalahan Sepeda Pemula, Dapat Membuat Tidak Nyaman. Benarkah??

Masalah kenyamanan dalam bersepeda jangan di anggap sepeda, anda akan dapat membenci menggunakan sepeda. Karena baru menggunakan anda sudah merasakan tidak nyaman saat berkendara, ini yang dikhawatirkan. Ketika anda berkendara menggunakan sepeda harus mendapatkan kenyamanan dalam menggunakan sepeda agar anda dapat menikmati setiap perjalanan yang ada.

Kenyamanan dalam menggunakan sepeda sangat penting. Anda akan merasakan sensasi senang dan meningkatkan mood ketika berkendara hal ini dapat dengan mudah bila mengikuti tips dari kami.

Kesalahan Sepeda Pemula

11 Kesalahan Yang Biasa Di Lakukan Gowes Pemula

1. Sadel Sepeda Terlalu Tinggi Atau Rendah

Dengan sadel pun anda dapat tidak nyaman dalam bersepeda. Sadel yang terlalu rendah dapat menyebabkan gowes tidak nyaman dan menjadi kurang optimal. Akan tetapi bila anda sadelnya ketinggian pun tidak nyaman di saat perjalanan jauh, yang lebih parah adalah menyebabkan kaki kram dan pegal. Jadi sebaiknya aturlah sadel sesuai dengan tubuh anda dan kenyamanan anda.

2. Kesalahan Mengatur Gear

Banyak kesalahan sepeda pemula berada di mengatur gear. Gear sendiri jika tidak mengetahui tekniknya bisa jadi berusak gear itu sendiri terutama rantai. 60-80rpm adalah salah satu yang paling tepat untuk mengatur gear.

3. Posisi Telapak Kaki

Untuk gowes yang optimal diperlukan pengetahuan tentang posisi telapak kaki. Anda harus hindari gowes dengan menggunakan tumit pada bagian tengah telapak kaki, sebab jika seperti itu tidak akan optimal untuk gowesnya.

4. Rambu Rambu Lalu Lintas

Setiap rambu lalu lintas harus di patuhi setiap kendaraan di jalanan. Sepeda juga salah satu yang harus mengikuti aturan lalu lintas, akan tetapi banyak kesalahan sepeda pemula dalam hal rambu lintas. Mereka menganggap bahwa rambu lalu lintas adalah hal sepeda, akan tetapi ketika terjadi kecelakaan ini yang akan berakibat fatal.

5. Ketika Berbelok

Ketika berbelok, hal yang harus anda lakukan adalah memberikan tanda baik itu menggunakan kaki maupun tangan. Sayangnya kesalahan pengguna sepeda masalah belok pun tidak memberikan aba aba terlebih dahulu. Sehingga bisa jadi mengalami di tabrak oleh alat transportasi lain yang ada di dekatnya. Memang hal ini terlihat sederhana tapi harus anda lakukan demi keselamatan dalam bersepeda.

6. Menggunakan Lampu Di Malam Hari

Ketika anda bersepeda di malam hari. Ada baiknya anda menggunakan lampu untuk sepeda anda. Lampu meski hal sepele tapi sangat penting untuk keselamatan anda dalam menggunakan sepeda. Anda bisa membeli lampu sepeda untuk di depan maupun belakang, hal ini dapat menghindari terjadinya di tabrak orang lain.

7. Kostum

Ketika anda ingin menggunakan sepeda jarak jauh, ada baiknya menggunakan kostum sepeda yang nyaman. Hindari baju yang terlalu tebal sehingga mudah berkeringat. Hal ini akan berdampak pada suhu badan dan mudah untuk dehidrasi. Sebaiknya gunakan kaos polos ataupun yang nyaman untuk memberikan kenyamanan yang lebih baik.

8. Minuman

Kesalahan Sepeda Pemula adalah mengabaikan membawa minuman. Padahal di dalam frame sepeda sudah tampak jelas menyediakan tempat khusus minuman yang sangat berguna. Ketika berjalan jauh, tubuh memerlukan minuman yang cukup sehingga anda tidak mudah dehidrasi. Minuman sangat penting untuk anda yang melakukan perjalanan jauh.

9. Peregangan

Peregangan saat ingin bersepeda agar otot-otot tidak tegang. Jika anda seorang pemula dalam bersepeda, anda harus melakukan peregangan guna untuk menghindari cidera otot. Untuk anda yang sudah menggunakan sepeda dalam jarak jauh juga bisa melakukan peregangan kembali agar tidak nyeri dan pegal-pegal. Hal ini bermanfaat untuk kenyamanan anda baik ingin menggunakan sepeda maupun setelah menggunakan sepeda.

10. Gowes Terlalu Pelan

Kesalahan Sepeda Pemula adalah berpikir bahwa gowes pelan adalah hemat tenaga, namun ternyata salah. Ketika gowes pelan akan membutuhkan tekanan yang cukup besar sehingga otot akan mudah terasa lelah.

Sebaiknya menggunakan sepeda tidak terlalu cepat maupun pelan. Anda bisa gowes sepeda dengan stabil sehingga dapat menghemat tenaga anda. Ideal cadence untuk pemula adalah 50-60rpm

11. Memilih Sepeda

Untuk mencapai kenyamanan bersepeda. Anda harus menentukan sepeda apa yang anda gunakan baik sepeda bmx , sepeda gunung maupun sepeda lainnya. Sepeda gunung bukan hanya ada di pegunungan yang extrem, dia juga bisa digunakan di jalan raya kota. Kami juga menggunakan sepeda gunung untuk keperluan transportasi kami. Dan saat ini nyaman menggunakan sepeda gunung dengan berbagai fasilitasnya yang didapatkan.

11 Kesalahan Sepeda Pemula terkadang merasa di abaikan akan tetapi penting. Kami harap ketika anda membaca artikel kami, anda bisa jauh lebih bijak menggunakan sepeda. Karena jika menggunakan seceara benar anda akan mendaaptkan manfaatnya.

Manfaat yang anda dapatkan adalah berupa kenyamanan, keamanan dan hindari cidera yang fatal. Kami harap anda seorang pemula bisa mempelajari point point di atas dengan mudah tanpa adanya hambatan yang berlaku.

Pencarian Terbaru: