Keren! 6 Destinasi Bersepeda Gunung di Indonesia Terbaik

Destinasi Bersepeda Rekomendasi untuk Anda
Destinasi Bersepeda Rekomendasi untuk Anda

Buat Anda yang ngaku goweser banget, wajib baca nih artikel seteliti mungkin, barangkali destinasi – destinasi di bawah ini bisa menjadi medan berikutnya yang bakal ditaklukkan. Gimana, tertarik? Check it broh!

Sekarang traveling sudah bukan sekedar kebutuhan saja, namun sudah menjadi gaya hidup yang harus dilakukan oleh para kaum urban. Apalagi ditambah dengan akses informasi yang semakin mudah dari beragai macam travel blogger dan portal berita akan pilihan destinasi berlibur tentu membuat hobi jalan-jalan banyak orang semakin menjadi-jadi.

Baca juga : Yuk Cek! Daftar Harga Sepeda Gunung 

Nah, apakah Anda juga termasuk dalam kategori penyuka jalan-jalan yang sedang populer ini?

Bukan hanya jalan-jalan saja yang menjadi populer, namun hobi bersepeda pun juga mengalami peningkatan yang sama. Kita bahkan sering sekali melihat banyak yang bersepeda pada akhir pekan mengelilingi kota.

Menggabungkan 2 kegiatan berbeda yang sama-sama populer ini tentu akan menghasilkan pengalaman yang tidak kalah menyenangkan dari mereka para travel blogger ataupun para gowesers.

Lalu mana saja sih, destinasi bersepeda gunung di Indonesia terbaik yang bisa Anda kunjungi? Artikel kali ini akan membahas beberapa tempat yang bisa dikunjungi dengan bersepeda.

Destinasi Bersepeda Gunung di Indonesia Terbaik

Jurang Jero Bike Park, Muntilan

Jurang Jero Bike Park
Jurang Jero Bike Park

Jurang Jero Bike Par terletak 7 hingga 8 km dari Pos Pemanta Merapi Ngepos. Destinasi ini terletak di Desa Salam Sari, Kecamatan Srumbung, Kabupaten Magelang. Anda bisa menuju tempta ini dengan menempuh perjalanan selama 45 menit dari pusat kota Jogja dan atau cukup 25 menit saja dari Muntilan. Jalan yang ditempuh cukup berat, berbatu, dan menanjak. Cukup sulit untuk menggunakan mobil sedan jika Anda ingin pergi kesini

Meskipun begitu, perjalanan yang panjang dan melelahkan tersebut akan terbayar lunas dengan indahnya track alami yang akan Anda lewati sepanjang perjalanan. ANda akan melewati hutan pinus dan berbagai macam keindahan lainnya yang menyejukkan hati dan pikiran. Ada beberapa jalur yang bisa Anda lewati, mulai dari jalur yang ringan hingga jalur khusus downhill dengan gap sekitar 5 meter yang akan Anda lewati.

Apalagi biaya untuk masuk ke Jurang Jero Bike Park hanya Rp. 5.000 saja, lho. Tentu saja harga ini sangat murah apalagi pesona keindahannya sangat memesona.

Review Terbaru : Harga dan Spesifikasi Polygon Xtrada 7 2018

Jalur all-mountain di kawasan Bandung Utara

Untuk penggemar sepeda off-road, jalur all-mountain di kawasan Bandung Utara adalah salah satu destinasi bersepeda di Bandung yang wajib Anda coba. Jalur ini terletak tak jauh dari Kawasan Bandung dan Jakarta, yaitu di kawasan Cikole.

Walaupun jalur ini masuk ke dalam kategori jalur untuk ketahanan fisik, namun jalur ini juga cocok bagi Anda yang ingin memacu adrealin dengan melewati jalur downhill. Ada enam pilihan jalur yang bisa Anda pilih dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Pemandangan yang ditawarkan keenam jalur tersebut pun juga berbeda-beda ada perkebunan teh, rumah warga sekitar, hingga perkebunan teh.

Pada dasarnya, jalur sepeda yang populer di Bandung Utara ini merupakan jalan kecil yang dibuat oleh warga guna mencari kayu ke area hutan. Lokasi ini juga menyediakan jalur dengan rute downhill hingga all-mountain yang lengkap dengan kondisi jalan yang sering basah dan belokan-belokan tajam.

Jalur ini tidak diajurkan untuk pesepda yang masih pemula karena mereka perlu berhati-hati sekali dalam melewati jalut ini, terutama jalur yang mau memasuki kawasan hutan lindungnya.

Bromo

Siapa bilang Anda tidak bisa bersepeda di Bromo? Tentu saja bisa! Bahkan jalur sepeda di Bromo merupakan salah satu destinasi bersepeda gunung di Indonesia terbaik.

Di sini ada jalur yang dinamai “5 cm”, tentu saja nama ini tidak berhubungan dengan film “5 cm” yang dirilis pada tahun 2012 silam. Nama 5 cm adalah suatu jurang vertikal di sebelah kanan dan kiri jalur.

Track ini juga ada jalur single track yang lebarnya tidak lebih dari 1,5 m sehingga para pesepeda harus sangat berhati-hati jika melewati jalur ini.

Walaupun trek ini berada di ketinggian 2000 mdpl dan mempunyai panjang sekitar 25 kilometer, namun trek ini patut Anda coba karena pemandangannya yang menakjubkan. Namun perlu berhati-hati karena trek didominasi dengan turunan tanah.

Perjalanan Anda akan dimulai di Pananjakan yang terkenal sebagai tempat yang paling tepat untuk melihat pemandangan matahari terbit dan perjalanan Anda akan berakhir di bawah terminal Sukapura yang terletak di Kabupaten Probolinggo. Buat Anda yang narsis, trek Bromo ini paling pas karena banyak tempat yang bisa dijadikan spot berfoto.

Gunung Merapi di Klangon, Yogyakarta

Dengan bersepeda di bawah kaki Gunung Merapi, tepatnya di Klangon, Yogyakarta, maka Anda bisa menikmati pemandangan Gunung Merapi secara lebih dekat dari sini.

Rasakan sensasi hembusan angin gunung yang sepoi-sepoi dan pemandangan ilalang yang menjulang tinggi sepanjang melewati track ini.

Jalur ini juga cukup sering dijadikan sebagai lokasi nge-camp. Anda hanya perlu waktu 45 menit saja dari pusat kota Yogyakarta untuk menuju ke Desa Klangon.

Jalur sepeda di Klangon didominasi oleh track all-mountain dengan turunannya yang masih bisa dilewati oleh semua goweser baik yang pemula maupun yang sudah professional. Sebelum menikmati turunan, Anda harus hiking dulu selama 15 menit untuk menuju ke tiitk start.

Jangan khawatir jika Anda malas membawa sepedamu ke atas karena sudah ada porter yang akan menyewakan jasanya untuk membawakan sepeda Anda ke titik start.

Jangan Ketinggalan : Simak Review Polygon Xtrada 8 2018

Hutan Pinus Mangunan

Daerah Jogja memang mempunyai banyak destinasi sepeda gunung yang menarik. Kali ini adalah Hitan Pinus di Mangunan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Memang popularitas hutan pinus ini sudah tidak diragukan lagi karena pemandagannya sangat indah. Bukan hanya hutan pinusnya juga, namun hutan lindung di sekitarnya juga sering dijadikan sebagai tempat untuk foto pre-wedding.

Trek di kawasan hutan pinus Mangunan memang termasuk rute bersepeda yang tidak manusiawi karena tanjakan-tanjakannya yang tajam sehingga hanya pesepeda on-road yang sudah professional saja yang sanggup melewati trek ini.

Untuk menuju hutan pinus Mangunan in terbilang cukup mudah. Anda akan menempuh jarak sekitar 25 km dari jalur Imogiri Barat dan Anda akan menikmati pemandangan alam yang didominasi oleh hutan pinus dan udara hutan yang segar. Butuh waktu setengah jam lebih sedikit untuk menyelusuri jalur tersebut.

Melewati jalur uphill dan downhill pun sama saja karena kombinasi jalannya yang berbatu dan tanahnya yang licin. Karena faktor itulah hutan pinus Mangunan dijadikan sebagai destinasi yang wajib Anda kunjungi jika hobi bersepeda.

Trekking Gunung Kintanami sampai Ubud

Jarak trekking dari Gunung Kintamani ke Ubud sekitar 72 km. Jadi Anda harus menyiapkan energi yang cukup karena Anda akan menghabiskan waktu sekitar 4 jam untuk menuntaskan lintasanmu.

Sepanjang perjalanan Anda akan melihat banyak perkebunan sayur dan jeruk. Salah satu destinasi bersepeda gunung di Indonesia terbaik ini membutuhkan keberanian yang kuat karena Anda harus melewati jalanan aspal yang rusak dan jalanan setapak yang kanan kirinya jurang.

Bagaimana? Sudahkah Anda mengunjungi destinasi – destinasi keren di atas? Jika belumm hayuk, segera digowes dan dijajal medannya. Dapatkan sensasi barunya.

Pencarian Terbaru: